Siapakah Yang Sama Dengan Allah?

Pesan Paskah 2022 Uskup Agung Kupang

0 125

Saudara-saudari terkasih,

Selama 40 hari, persekutuan gerejani kita telah merenungkan hidup iman akan Yesus Kristus. Kita bersyukur atas waktu perkenan ini. Kita merasakan banyak berkat dalam masa sulit ancaman pandemi Covid-19, berbarengan dengan rasa takut dan kesedihan. Penghiburan rohani serta pengharapan telah melegakan hati kita, karena kita menuai rahmat belaskasih Tuhan.

Di masa Paskah ini, kita bergembira dan bersyukur atas iman akan kebangkitan Yesus Kristus. Di dalam kebangkitan-Nya, kita mendapat peneguhan iman dan pengharapan agung yang tidak mengecewakan. Kristus bangkit menawarkan kesempatan baru untuk menjalani panggilan iman, yaitu berkenan kepada Tuhan dan berbuat baik kepada siapa saja. Panggilan yang diperbarui ini memberikan dorongan baru untuk menghayati serta mengamalkan nilaimilai kemanusiaan dalam bingkai Manusia baru yang Bangkit. Oleh karena itu, marilah kita tekun “bertumbuh dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus” (2Ptr. 3:18).

Saudara-saudari terkasih,

Dengan semangat “berjalan bersama” selaras rahmat kebangkitan, persekutuan gerejani kita mudah-mudahan semakin menyadari pertumbuhan persaudaraan, partisipasi dan perutusan. Kita yang bangkit bersama Kristus berproses bersama untuk menghadirkan perkembangan manusia seutuhnya dalam keluarga, komunitas iman, pekerjaan dan masyarakat. Paskah Kristus menggerakkan persekutuan gerejani kita untuk setia mengutamakan peduli sesama, khususnya mereka yang berkekurangan, termasuk masalah stunting, akibat kemiskinan.

Kebangkitan Kristus mendorong persekutuan gerejani kita untuk kuat dan teguh membangun kerukunan hidup dalam bingkai ‘memulihkan kehidupan: bumi sehat dan manusia sejahtera” . Dengan daya Kristus bangkit, kita mampu bekerjasama dalam memulihkan perbaikan hidup yang memuliakan Tuhan dan melayani peduli sesama di tengah terpaan Covid-19 dan kerawanan hidup akibat kebencian yang merusak kerukunan sosial. Oleh karena itu, “Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan dan bertekunlah dalam doa!” (Rom. 12:12).

 

Saudara-saudari terkasih,

Selamat merayakan Paskah, Tuhan Yesus Kristus Bangkit! Marilah kita memperkuat kebersamaan dalam mewujudkan keseimbangan hidup bersama selaras dengan iman akan kebangkitan Kristus, sumber kekuatan kita dalam memulihkan kehidupan. Kita tetap berada dalam keterbatasan, namun dalam kuasa Roh Kristus Jaya, kita berjalan bersama seturut kehendak Tuhan pencipta dalam mewujudkan peduli ekologis bersesama. Marilah kita bangkit bersama Kristus dalam upaya memulihkan kehidupan dengan tekun berbuat baik secara murah hati, tanpa lelah.

Kita bangkit bersama Kristus, Salve alleluya!

Kupang, 12 April 2022.
Salam Paskah dan Berkat keluarga,
Salve

 

Mgr. Petrus Turang

Leave a comment