Siapakah Yang Sama Dengan Allah?

Kegiatan Diskusi Ilmiah “Nalar Komunikatif Dalam Teori Kritis Jurgen Habermas”

0 13

𝗣𝗲𝗻𝗳𝘂𝗶,MN-Para Frater Seminari Tinggi St. Mikhael Penfui Kupang menggelar Kegiatan Diskusi Ilmiah pada hari Sabtu, 4 November 2023 mulai pukul 08.00 pagi sampai selesai. Kegiatan terjadi di beberapa tempat yakni aula, kelas dan kamar makan Frater. Diskusi Ilmiah ini merupakan kegiatan ketiga yang menjadi program rutin Seksi Akademik Seminari Tinggi Santo Mikhael.

Para Frater dibagi dalam kelompok-kelompok kecil di mana setiap kelompok terdiri atas para frater tingkat I Sampai tingkat V. Kegiatan akademi kali ini mengangkat Tema Nalar Komunikatif dalam Teori Kritis Jurgen Habermas. Dalam penyelidikannya, ia masih menemukan bahwa Marx dan pendahulunya masih terjerat dalam mendominasikan nalar intrumental. Oleh sebab itu, Habermas menawarkan suatu sistem baru yakni nalar komunikatif. Nalar komunikatif inilah yang melahirkan kesaling-pengeritan dan mengeliminasikan dominasi. Tentunya tema ini didiskusikan lebih lanjut dengan mengkorelasikannya pada tema-tema yang masi relevan dalam kehidupan di tengah masyarakat maupun komunitas.

Tampak seluruh frater aktif memberikan tanggapan, berupa pertanyaan dan pendapat mereka mengenai tema yang diusung oleh pengurus Seksi Akademik. Melalui kegiatan ini, diharapkan para frater semakin mengasa kemampuan public speaking dan sekaligus menambah pengetahuan ilmu filsafat mereka.

Leave a comment