Siapakah Yang Sama Dengan Allah?

Sosialisasi Bahan BKSN 2023 Kepada para Frater STSM

0 30

Dalam rangka menyambut Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2023, Seminari Tinggi St. Mikhael (STSM) melaksanakan kegiatan pendalaman sekaligus pembekalan bahan katekese BKSN yang diterbitkan oleh Komisi Kitab Suci Regio Nusa Tenggara. Kegiatan ini berlangsung di aula STSM pukul 20:00 WITA sampai selesai. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah agar para frater yang menjadi fasilitator dibekali dengan pengantar singkat tentang tema serta hal teknis terkait pelakasanaan katekese.


Mengusung tema “Allah Sumber Kasih dan Keselamatan”, BKSN tahun 2023 mengajak seluruh umat beriman khususnya di Regio Nusra untuk merenungkan kembali sosok Allah yang pengasih dan penyayang, yang panjang sabar dan penuh kasih setia. Rujukan untuk mendalami tema ini bersumber dari refleksi atas kisah yang termaktub dalam Kitab Nabi Yunus dan Yoel. Ada empat sub tema yang akan direnungkan yakni: Kasih Allah Menggerakkan Evangelisasi Diri; Kasih Allah Menggerakkan Pertobatan; Kasih Allah yang Menyelamatkan dan Kasih Allah Mempersatukan.


RD. Siprianus S. Senda, selaku Ketua Komisi Kitab Suci Keuskupan Agung Kupang sekaligus Prefek Fratres Keuskupan Agung Kupang, menekankan para frater yang akan menjadi fasilitator katekese untuk menyiapkan diri sebaik mungkin dengan mempelajari dan memahami bahan katekese yang akan diwartakan di tengah-tengah umat. Hal ini senada dengan tema pertama yang akan direnungkan yakni Kasih Allah Menggerakkan Evangelisasi Diri. Artinya para fasilitator dituntut untuk menyadari terlebih dahulu kasih Allah yang berkarya dalam hidup panggilannya sebelum para frater mengantar umat pada refleksi atas pengalaman hidup mereka yang relevan dengan tema pada setiap pertemuan. Semoga kegiatan ini menjadi bekal yang baik bagi para frater untuk mengalami pengalaman pastoral melalui perjumpaan iman bersama umat.

Leave a comment