Siapakah Yang Sama Dengan Allah?

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT Menggelar Kegiatan Sosialisasi Mengenai Pemilu Tahun 2024 di Komunitas Seminari Tinggi St. Mikhael Penfui Kupang

0 20

π—£π—²π—»π—³π˜‚π—Ά,MN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT menggelar kegiatan sosialisasi mengenai Pemilu tahun 2024 bagi Para Frater dan para Romo di Komunitas Seminari Tinggi St. Mikhael Penfui Kupang pada hari Minggu, 22 Oktober 2023. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada pukul 16.00 di aula Seminari Tinggi St. Mikhael. Tampak hadir juga dalam kegiatan ini Tim dari PPK Kabupaten Kupang, Tim dari Kecamatan Kupang tengah serta dari Desa Penfui Timur. Agenda utama kegiatan Sosialisasi ini adalah untuk memberikan pendidikan dan pemahaman mengenai pentingnya keikutsertaan masyarakat dalam Pemilu.

Dalam sambutan awal, Romo Praeses Seminari, Romo Theo Silab mengucapkan banyak terima kasih karena kesediaan tim dari KPU Provinsi NTT yang hadir untuk memberikan sosialisasi terkait pemilu 2024. Romo Praeses sangat bersyukur karena kegiatan sosialisasi dari KPU tentang Pemilu di Seminari merupakan hal baru secara khusus bagi Para Frater. Lebih lanjut, Romo Praeses menyampaikan satu kendala ketika Pemilu yakni bahwa selama ini para Frater biasa dititip ke TPS-TPS terdekat dan hal itu akhirnya menyebabkan tidak semua Frater bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Tim dari KPU yang dibawakan oleh Bapak Yohanes Koli. Satu hal penting yang disampaikan oleh beliau adalah bahwa sosialisasi ini menjadi satu cara yang ditempuh oleh KPU agar seluruh masyarakat kembali disadarkan untuk secara lebih aktif berpartisipasi dalam pemilu, sebab 5 menit di dalam β€œkamar” TPS mempunyai pengaruh yang besar bagi penyelenggaraan kehidupan bangsa kita selama lima tahun ke depan. Mental apatis atau ketidak pedulian masyarakat memang masih sangat besar. Hal ini yang membuat presentasi golput juga besar. Harapannya adalah bahwa sosialisasi ini menjadi media yang bisa membantu masyarakat agar dapat melihat pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilu.

Bapak Yos kemudian menunjukan data pemilih di NTT yang mencapai 4 juta lebih termasuk juga para penyandang disabilitas. Keseluruhan jumlah ini terbagi dalam 16.746 TPS dan 19 diantaranya adalah TPS Lokasi Khusus. Salah satu TPS Lokasi Khusus adalah di Seminari Tinggi St. Mikhael Penfui. Dengan penempatan ini maka, para Frater yang berasal dari berbagai daerah di NTT tidak lagi mengalami kesulitan dalam menggunakan hak pilihnya. Dengan demikian maka para Frater akan diberi tugas untuk mengurus sebagai hal berkaitan dengan persiapan pemilu di TPS lokasi khusus ini. Tanggungjawab ini hanya sebagai bagian dari proses belajar, dan ini bukan bertujuan untuk membuka jalan bagi para Frater terlibat secara penuh dalam politik praktis dalam waktu-waktu mendatang apalagi ketika menjadi imam.

Setelah pemaparan materi, kegiatan ini dilanjutkan dengan foto bersama dan nonton bareng Film β€œKejarlah Janji”.

Leave a comment