Siapakah Yang Sama Dengan Allah?

Zelus Domus Tuae Comedit Me; Cinta Akan Rumah-Mu Menghanguskan Aku.

0 24

Zelus Domus Tuae Comedit Me; Cinta Akan Rumah-Mu Menghanguskan Aku. Demikian kutipan Injil Yohanes 2:17b yang dipilih sebagai tema sekaligus roh penyelenggaran Pesta Pelindung dan Ulang Tahun ke-32 Seminari Tinggi Santu Mikhael. Pembukaan pagelaran pesta keluarga ini dilangsungkan dengan begitu meriah pada tanggal 1 September 2023. Melalui konsep parade budaya dari kompleks pelataran Universitas Katolik Widya Mandira Kupang menuju pelataran Kapel STSM; menjadi titik awal refleksi perihal tuntutan dan panggilan suci sebagai satu komunitas yang sinodal yang berjalan bersama menuju satu tujuan. Motif kostum daerah dan atribut budaya yang dikenakan oleh setiap frater serta penamaan kelompok yang diambil dari salah satu tempat wisata di NTT sebenarnya merepresentasikan perbedaan yang melekat dalam diri masing-masing anggota komunitas sebagai persona. Perbedaan ini kemudian dilihat bukan sebagai sebuah persolan atau masalah tetapi sebagai kekayaan yang unik serta alasan untuk berpijak pada rahim yang sama dalam memupuk benih panggilan. Menjadi anggota komunitas yang “hangus” atau berlebur bersama sebagai satu keluarga dengan visi dan misi yang sama.

Parayaan Pesta Keluarga STSM dibuka secara resmi oleh wakil Praeses STSM, RD. Herman Punda Panda, dengan simbolis pembakaran angka 23, angka yang mewakili usia baru seminari tinggi interdiosesan ini. Dalam sambutannya, Romo Herman mengharapkan agar keberadaan sabagai satu keluarga saat ini harus menjadi pelopor persatuan, pelopor kekeluargaan dan pelopor solidaritas di seluruh wilayah atau tempat di mana para frater diutus kelak. Kebersaman yang terpupuk ini kiranya menjadi satu bentuk kebanggaan tersendiri bilamana kelak pergi dari rumah induk yang berpelindungkan Santu Mikhael. “Tetaplah menjaga kerukunan dan kedamaian selama melaksanakan aneka ragam kegiatan dan perlombaan, karena hal ini menjadi tolak ukur dan model keutamaan yang baik sebagai wujud entitas seorang pelayan yang berkualitas”, tegas Romo Herman.

Acara opening ceremony Pesta Family kali ini dimeriahkan oleh penampilan spektakuler dari  marching band SMA Katolik Giovanni Kupang, Vocal Grub fraters tingkat III, monolog perjalanan panggilan serta permainan kembang api yang seakan melengkapi kebahagian menyambut hari ulang ke-32. Penyelanggaraan kegiatan pesta keluarga ini akan berpuncak pada tanggal 29 September 2023, Pesta Tiga Malaikat Agung. Jayalah selalu STSM dan tetaplah menjadi rumah yang paling teduh untuk banyak orang. (Fr. Gusti Nahak-Sie Publikasi).

Leave a comment