Siapakah Yang Sama Dengan Allah?

Hidup Dalam Harapan dan Menghidupi Harapan Dalam Kehidupan

0 1

Seluruh Frater di Komunitas Seminari Tinggi St. Mikhael secara resmi memulai kegiatan katekese di bulan Kitab Suci. Katekese ini terjadi pada hari minggu, 4 September 2022 bertempat di unit masing-masing. Kegiatan katekese merupakan kegiatan rutin yang diadakan di komunitas Seminari Tinggi dalam rangka membangun pemahaman yang lebih mendalam tentang Kitab Suci sebagai dasar iman umat Kristiani.

Untuk diketahui, Gereja Katolik Indonesia menentukan bulan September sebagai Bulan Kitab Suci Nasional. Tema yang diusung pada BKSN tahun 2020 adalah: Allah Sumber Harapan Hidup Baru yang mengambil inspirasi utama dari Kitab Amos dan Hosea. Tema Allah Sumber Harapan Hidup Baru merupakan refleksi akan kehidupan manusia akhir-akhir ini yang dirusak wabah Pandemi Covid-19. Pasca Pandemi menuju tatanan hidup new-normal, umat Kristiani diharapkan untuk melihat harapan baru dalam Allah. Harapan ini berhubungan dengan peningkatan kualitas hidup, relasi sosial, dan relasi dengan Allah, yang pada akhirnya bermuara pada hidup baru yang lebih baik.

Dalam katekese pertama minggu ini, para Frater berjalan di bawah tema “Allah Sumber Harapan Untuk Menangkis Keagamaan Palsu” dengan rujukan teks Amos 5: 4-6. Lewat tema ini, para Frater menyadari akan guncangnya iman umat kristiani akibat pandemi. Oleh karenanya dibutuhkan pendalaman iman yang masif dalam upaya merekonstrusi iman umat kristiani yang sempat digores oleh kegusaran pandemi covid-19. Seruan Amos membawa para frater untuk melihat dan mengevaluasi kembali mentalitas hidup beragama yang sempat terdegradasi akibat covid-19 dan mulai berupaya untuk kembali ke-rel yang semestinya. Dalam hal ini adalah pergerakan iman menuju Allah.

Fr. Lino Gatur, salah satu Frater yang turut terlibat dalam kegiatan katekese mengatakan bahwa ia mendapat inspirasi dan motivasi dari katekese dan sharing bersama di bulan Kitab Suci ini. “Setelah mengikuti katekese di pertemuan pertama, saya memperoleh banyak inspirasi dan motivasi. Di situ, saya bisa belajar banyak hal dari pengalaman-pengalaman rekan Frater dalam kehidupan setiap hari”, ungkap Frater berdarah Manggarai ini.

Kegiatan katekese ini dijadwalkan akan berlangsung setiap hari minggu selama bulan September.

Fr. Dino Obe

Fr. Dino Obe

Sample Title

Sample Description

Leave a comment