Siapakah Yang Sama Dengan Allah?

KONFERENSI BULANAN

0 28

𝗣𝗲𝗻𝗳𝘂𝗶,MN-Para Frater seminari Tinggi St. Mikhael  Penfui Kupang menggelar kegiatan konferensi bulan Desember 2023 pada hari Minggu, 17 Desember 2023 yang di pimpin oleh Romo Herman Punda Panda. Kegiatan itu dilaksanakan di Kapela Seminari Tinggi pada pukul 20.00 WITA. Kegiatan konferensi ini secara khusus merupakan satu bentuk evaluasi bulanan bagi kehidupan komunitas seminari. Kegiatan hari ini diawali dengan doa dan penjelasan singkat mengenai hakikat komunitas seminari. Komunitas seminari bukan seperti asrama biasa atau kos, tetapi merupakan komunitas kaum berjubah, komunitas para Rohaniwan.

Selanjutnya, dalam kegiatan konferensi ini, Romo Herman secara khusus menekankan tentang hidup disiplin sebagai satu hal paling urgen dan bermanfaat. Dalam komunitas seminari, ada aturan yang mengikat semua anggota komunitas, dan tidak ada privilese tertentu atau ikut sesuka hati saja aturan-aturan yang ada di Seminari. Tidak ada pilihan untuk ikut atau tidak ikut. Semua wajib untuk mengikuti aturan Seminari. Aturan tersebut bertujuan untuk membantu para Frater dalam manajemen kehidupan secara khusus dalam waktu yang akan datang sebagai Imam ataupun juga sebagai awam. Aturan komunitas seminari bukan hanya sebagai jadwal kegiatan biasa, ada filosofi di balik jadwal itu dan tujuan adanya aturan itu untuk memberikan porsi yang seimbang untuk kebutuhan manusia.

Berkaitan dengan itu maka, setiap Frater harus mampu menghadirkan diri secara bergairah dan berkualitas. Terdapat empat point penting yang ditekankan oleh Romo Herman dalam konferensi ini yakni bahwa aturan hidup Seminari membantu Frater untuk membentuk diri kepada keseimbangan hidup secara khusus berkaitan dengan empat aspek hidup yakni hidup Rohani, hidup sosial, intelektual dan fisik. Oleh karena itu maka, tidak ada pilihan untuk ikut atau tidak ikut aturan seminari. Semua Frater wajib taat pada aturan.

Semoga dalam kesempatan konferensi kali ini, para Frater mampu menyadari diri sebagai rohaniwan yang selalu berjuang untuk hidup taat dan disiplin demi perkembangan diri kerah yang lebih baik.

Leave a comment